Jika Traffic Blogmu Menurun Drastis, Coba Deh Cek 5 Hal Ini!

Jika Traffic Blogmu Menurun Drastis
Pernahkah kamu menemukan traffic blogmu turun drastis tanpa alasan yang tidak kamu ketahui? Baiklah jika kamu pernah mengalaminya dan belum tahu faktor-faktor penyebabnya, sebaiknya kamu cek beberapa hal ini.

Perubahan Pada Blog

Perubahan yang terjadi pada blog seperti desain ulang, migrasi hosting, penghapusan konten dapat berakibat fatal, khususnya untuk SEO. Jika kamu pernah melakukan perubahan pada blogmu, maka fokuslah pada aspek yang kamu ubah tersebut. Perubahan pada blog sangat berpengaruh pada indeksasi dan juga crawlability. Untuk mengecek crawl error, tinggal masuk Google Webmasters, lalu ke Crawl > Crawl Error dan perhatikan grafik yang menunjukan adanya error setelah perubahan yang kamu lakukan pada blogmu.

Terkena Penalti

Jika traffic blogmu turun secara drastis, kemungkinannya yaitu blogmu terkena penalti dari mesin pencari. Terdapat beberapa penyebab mengapa blog terkena penalti, yaitu:

  • User-generated Spam

Blogmu bisa terkena penalti gara-gara spam dan link yang tidak relevan pada halaman blogmu. Khususnya bagi kamu yang blognya memiliki laman dofollow sehingga visitor blog bisa menanam link di blogmu. Solusinya yaitu dengan cek Google Webmaster dan bersihkan berbagai error dengan hati-hati. Kamu pun bisa menggunakan teknik anti-spam seperti penggunaan plugin reCAPTCHA atau menggunakan ‘nofollow’.

  • Backlink yang Tidak Natural

Blog yang terkena penalti juga bisa disebabkan karena banyaknya backlink yang tidak natural. 

  • Konten Blog yang Terlalu Sedikit dan Banyaknya Duplikat Konten

Terkait SEO, konten tetap menjadi salah satu fokus utama. Jika jumlah konten dalam blogmu sangat sedikit dan tidak pernah di-update, besar kemungkinan blogmu tidak akan diperhatikan oleh search engine. Tak hanya itu, banyaknya duplikat konten juga dapat menjadi penyebab penalti dari Google.

Update Algoritma Google

Google terus melakukan update dari waktu ke waktu. Jika traffic blogmu turun, bisa jadi karena adanya update algoritma dari Google, jadi kamu harus terus menyimak perkembangan algoritma dari Google ya.

Kehilangan Backlink Berkualitas

Kehilangan backlink berkualitas dapat menurunkan visibilitas dan traffic blog, terutama jika blogmu memiliki backlink yang tidak terlalu banyak. Untuk menemukan keyword dan laman yang terkena imbas dari hilangnya backlink tersebut, kamu bisa memanfaatkan software seperti SEO SpyGlass.

Disaingi Kompetitor

Sebagai catatan, mesin pencari semakin sesak oleh blog-blog berkualitas. Jadi jika traffic blogmu turun, bisa jadi karena blogmu disusul oleh blog kompetitor. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *